Riset Pemasaran atau Marketing Research adalah
salah satu kegiatan penelitian di bidang pemasaran yang dilakukan
secara sistematis mulai dari perumusan masalah, tujuan penelitian,
pengumpulan data, pengolahan data, dan interpretasi hasil penelitian.
Marketing Research merupakan salah satu cara untuk mengumpulkan
informasi langsung dan tidak langsung mengenai kekuatan dan kelemahan
para pesaing. Riset Pemasaran dapat bermanfaat sebagai masukan bagi
pihak manajemen dalam rangka identifikasi masalah dan pengambilan
keputusan untuk pemecahan masalah. Hasil riset pemasaran dapat dipakai
untuk perumusan strategi pemasaran dalam merebut peluang pasar. Tujuan Riset Pemasaran
adalah untuk mendapatkan informasi yang akurat sehingga dapat
menjelaskan secara objektif kenyataan yang ada. Bebas dari pengaruh
keinginan pribadi (political biases). Riset pemasaran sebagai alat bantu Manager menghubungkan antara variabel pemasaran, konsumen, dan lingkungan.
National Marketing Research Competition (NMRC) merupakan kompetisi Marketing Research
pertama di Indonesia yang diselenggarakan oleh Program Studi Teknik
Industri Universitas Atma Jaya Yogyakarta melalui Himpunan Mahasiswa
Teknik Industri bekerja sama dengan perusahaan di Indonesia. Kompetisi
yang melibatkan mahasiswa Strata 1 dari semua jurusan dengan tujuan untuk melatih mahasiswa dalam melakukan riset pemasaran untuk menentukan strategi pemasaran yang tepat.
Tema
“Beyond Analytical Thinking” dipilih karena aktivitas riset pemasaran
tidak hanya membutuhkan skill analitis namun juga kreativitas dalam
menginterpretasikan hasil riset pemasaran untuk mengembangkan suatu
strategi pemasaran yang tepat bagi suatu produk. Diharapkan dengan
adanya kompetisi ini, akan muncul ide-ide berkaitan dengan strategi
pemasaran yang nantinya dapat menginspirasi perusahaan dalam merancang
strategi pemasarannya.
Acara NMRC
pertama yang diadakan pada tahun 2013 berhasil diselenggarakan dengan
adanya kerja sama antara Program Studi Teknik Industri Universitas Atma
Jaya Yogyakarta dan PT. Star Cosmos. Pada
NMRC 2014 ini, PT. Federal Karyatama (FKT) yang merupakan anak
perusahaan dari PT. Mitra Pinasthika Mustika, Tbk (PT. MPM, Tbk) akan
menjadi perusahaan yang bekerjasama dengan Program Studi Teknik Industri
UAJY.
0 komentar:
Posting Komentar