Selasa, 05 Agustus 2014

NMRC Universitas Atmaja Jaya Yogyakarta 2014

Market Research 
Riset Pemasaran atau Marketing Research adalah salah satu kegiatan penelitian di bidang pemasaran yang dilakukan secara sistematis mulai dari perumusan masalah, tujuan penelitian, pengumpulan data, pengolahan data, dan interpretasi hasil penelitian. Marketing Research merupakan salah satu cara untuk mengumpulkan informasi langsung dan tidak langsung mengenai kekuatan dan kelemahan para pesaing. Riset Pemasaran dapat bermanfaat sebagai masukan bagi pihak manajemen dalam rangka identifikasi masalah dan pengambilan keputusan untuk pemecahan masalah. Hasil riset pemasaran dapat dipakai untuk perumusan strategi pemasaran dalam merebut peluang pasar.  Tujuan Riset Pemasaran adalah untuk mendapatkan informasi yang akurat sehingga dapat menjelaskan secara objektif kenyataan yang ada. Bebas dari pengaruh keinginan pribadi (political biases). Riset pemasaran sebagai alat bantu Manager menghubungkan antara variabel pemasaran, konsumen, dan lingkungan.
National Marketing Research Competition (NMRC) merupakan kompetisi Marketing Research pertama di Indonesia yang diselenggarakan oleh Program Studi Teknik Industri Universitas Atma Jaya Yogyakarta melalui Himpunan Mahasiswa Teknik Industri bekerja sama dengan perusahaan di Indonesia. Kompetisi yang melibatkan mahasiswa Strata 1 dari semua jurusan dengan tujuan untuk melatih mahasiswa dalam melakukan riset pemasaran untuk menentukan strategi pemasaran yang tepat.
Tema “Beyond Analytical Thinking” dipilih karena aktivitas riset pemasaran tidak hanya membutuhkan skill analitis namun juga kreativitas dalam menginterpretasikan hasil riset pemasaran untuk mengembangkan suatu strategi pemasaran yang tepat bagi suatu produk. Diharapkan dengan adanya kompetisi ini, akan muncul ide-ide berkaitan dengan strategi pemasaran yang nantinya dapat menginspirasi perusahaan dalam merancang strategi pemasarannya.
Acara NMRC pertama yang diadakan pada tahun 2013 berhasil diselenggarakan dengan adanya kerja sama antara Program Studi Teknik Industri Universitas Atma Jaya Yogyakarta dan PT. Star Cosmos. Pada NMRC 2014 ini, PT. Federal Karyatama (FKT) yang merupakan anak perusahaan dari PT. Mitra Pinasthika Mustika, Tbk (PT. MPM, Tbk) akan menjadi perusahaan yang bekerjasama dengan Program Studi Teknik Industri UAJY.
123

 more info, visit: http://fti.uajy.ac.id/nmrc/

0 komentar:

Posting Komentar