Kamis, 10 Mei 2012

Pengabdian Masyarakat “Kerajinan Bonggol Bambu Wonosobo” oleh Mahasiswa Teknik Industri UNDIP

WONOSOBO, TIM PKM-M UNDIP-Rabu (9/05/12), Dalam mengembangkan kemampuan softskil mahasiswa untuk terjun langsung ke masyarakat, melalui Program Kreativitas Mahasiswa Pengabdian Masyarakat oleh Ditjen Perguruan Tinggi (DIKTI), mahasiswa Undip melakukan Program Pengabdian Masyarakat. TIM PKM-M yang seluruh timnya berasal dari mahasiswa Teknik Industri diketuai oleh Silvia Merdikawati dan anggotanya Nafisa Aulia, Sinta Nurmala, Dwi Yuni dan Hanifah Fitri Izzati dengan dosen Pembimbing yaitu Bapak Susatyo Nugroho W.P, ST, MT. Program ini dilakukan dengan pembuatan kelompok pengrajin bonggol bambu di Desa Bojasari, Wonosobo.
Program ini dilaksanakan sejak bulan Februari-April. Pada Tahap evaluasi diawali dengan kegiatan pendampingan selama empat minggu yang bertujuan untuk mengetahui seberapa paham pengetahuan keterampilan yang sudah didapat oleh petani bambu dan pengrajin bambu setelah proses pelatihan pembuatan kerajinan bonggol bambu yang berlangsung di Klaten. Dalam proses pendampingan tersebut tim pengabdian memberikan mesin dan alat-alat yang diperlukan warga Bojasari guna mendukung proses pembuatan kerajinan bonggo bambu sebagai pengaplikasian keterampilan yang telah didapatkan dari proses pelatihan. Setalah proses pendampingan ini dan dinilai bahwa warga Bojasari sudah cukup baik dalam membuat kerajinan bonggol bambu, maka sekarang sudah terbentuk kelompok paguyuban kerajinan bonggol bambu yang beranggotakan semua warga bojasari yang telah mengikuti proses pelatihan, pendampingan dan kebanyakan diantara mereka sudah bisa membuat kerajinan bonggol bambu, untuk menambah semangat dan mengetahui perkembangan kemampuan anggota paguyuban kerajinan bonggol bambu maka tim pengabdian mengadakan kegiatan evaluasi.
Dalam kegiatan evaluasi ini tim pengabdian bekerja sama dengan pemerintah Kabupaten Wonosobo dalam melaunching kegiatan evaluasi ini. Sehingga kegiatan ini terlihat begitu mengesankan dan bermakna. Sebelmunya tim pengabdian mengajukan kerjasama dengan pemerintah Kabupaten Wonosobo untuk turut serta mendukung jalannya program pengabdian ini.
1336582273137795417
Pada kegiatan evaluasi kami membuat lomba pembuatan bebek bonggol bambu dengan pesertanya adalah petani bambu dan pengrajin bambu warga desa Bojasari. Lomba ini dilaksanakan di kantor Desa Bojasari pada hari Minggu, 22 April pukul 08.00-14.00. Dari kegiatan tersebut, diharapkan terbentuknya kemandirian masyarakat dalam melakukan usaha penggunaan bonggol bambu, sehingga dapat meningkatkan taraf ekonomi masyarakat. Langkah ini adalah langkah kecil, akan tetapi dari langkah kecil ini kami mengharapkan perubahan yang besar untuk kemajuan bangsa Indonesia. Salam Care dari tim pengabdian UNDIP 2012.

0 komentar:

Posting Komentar