Kamis, 30 Mei 2013

PKM Zone 2013

PKM ZONE merupakan salah satu wadah atau wahana untuk para mahasiswa Teknik Industri untuk mengetahui lebih jelas mengenai PKM dan juga merupakan wadah untuk mahasiswa Teknik Industri berdiskusi mengenai PKM.

PKM ZONE kali ini diadakan pada hari Kamis, 30 Mei 2013 di RKB 301, dimulai dengan sambutan dari Ketua HMTI yaitu Rifki Muhammad. Dalam sambutannya, beliau menghimbau kepada mahasiswa Teknik Industri, agar menjadikan acara ini sebagai salah satu wahana untuk lebih memahami lagi mengenai PKM. Tidak hanya itu, beliau juga berharap, ini akan menjadi awal untuk membuat para mahasiswa agar semakin tertarik dengan PKM dan mulai untuk mengenal riset lebih dalam.

Acara selanjutnya yaitu sambutan dari Bapak Susatyo Nugroho W.P, S.T., M.M. selaku Dosen Pembina Mahasiswa (DPM). Beliau menyampaikan bahwa PKM harus secara serius disosialisasikan kepada para mahasiswa karena bayak mahasiswa yang belum memahami mengenai PKM, bahkan tidak mengetahui sama sekali mengenai PKM. Untuk itu, acara seperti ini akan sangat baik untuk mengenalkan PKM dan bahkan membuat mahasiswa mengerti mengenai PKM. Terkhususnya Teknik Industri, selain masih belum terlalu memahami, ilmu dalam Teknik Industri sulit untuk diterapkan dalam PKM. Saat ini untuk sebuah rintisan, Teknik Industri baru berkecimpung dalam PKM-M dan PKM-K. Namun diharapkan kedepannya dapat ikut serta dalam PKM yang lainnya. Tidak hanya kuantitas namun juga harus memperhatikan kualitas dalam hal PKM. Setelah memberi sambutan, acara dilanjutkan dengan pembukaan acara PKM ZONE oleh Bapak Susatyo Nugroho.

Kemudian acarapun dilanjutkan dengan penyampaian sedikit materi mengenai pembagian bidang PKM oleh Fadhlandi Naufan Zharfano. Beliau menjelaskan sedikit mengenai PKM, sebelum diskusi dimulai. Beliau menyampaikan bahwa PKM adalah salah satu program DIKTI untuk mewadai kreatifitas mahasiswa. PKM tersebut terbagi menjadi PKM-M, PKM-P, PKM-K, PKM-GT, PKM- AI, PKM KC, PKM-T.
Acara puncak yang ditungu-tunggupun mulai, yaitu diskusi langsung dengan para pembicara yang telah dihadirkan. Pembicara – pembicara hebat itu, adalah Kak Arif Seno Nugroho, Kak Medi Prasetyo, Kak Budi Setyawan, dan Kak Silvia Merdikawati. Untuk PKM-P diskusi dipimpin oleh Kak Seno, untuk PKM-T dipimpin oleh Kak Budi, PKM-K adalah Kak Medi, dan PKM-M diskusinya dipimpin oleh Kak Silvia. Diskusi berjalan dengan baik, para peserta aktif bertanya dan mendengarkan materi yang disampaikan oleh pembicara. Semua perserta mengikuti jalannya acara dengan sangat baik.

Setelah diskusi yang menarik tersebut selesai, tibalah dipenghujung acara. Penyerahan plakat kepada para pembicara menjadi penutup acara pada hari ini. Semoga acara PKM ZONE pada hari ini dapat membuka jalan menuju mahasiswa riset yang telah menjadi identitas Universitas Diponegoro dan semoga jumlah PKM yang diajukan dan lolos DIKTI di jurusan Teknik Industri lebih banyak dan lebih berkualitas lagi.

Ini dia foto fotonya


















0 komentar:

Posting Komentar