Sabtu, 01 Oktober 2011

Ayo Ikut INDISCO 2011

Background
Dunia ilmu pendidikan dan teknologi semakin hari berkembang semakin pesat. Negara-negara maju terus berinovasi menciptakan produk-produk baru yang mengikuti arus perkembangan teknologi tersebut. Hal ini semakin menjadi dengan adanya globalisasi dan pasar bebas. Produk-produk negara maju dipasarkan di seluruh negara, terutama negara berkembang. Negara berkembang, seperti Indonesia, menjadi sasaran untuk uji coba inovasi produk mereka. Namun, negara berkembang juga lah yang menjadi korban inovasi yang terkadang memiliki berbagai efek samping, seperti rusaknya lapisan ozon, polusi udara dan air dengan emisi zat berbahaya, dan lain-lain.

Tidak boleh kalah dengan negara maju, Indonesia dengan kekayaan sumber daya manusia yang dimilikinya, seharusnya bisa berinovasi menciptakan produk-produk yang dapat bersaing. Produk tersebut tidak hanya mampu produksi dan berteknologi tinggi, tetapi juga harus memperhatikan ergosafety, yaitu kenyamanan manusia dalam menggunakan dan memperhatikan kesehatan serta keselamatan dari pengguna, dan harga. Kenyamanan manusia dalam menggunakan berarti produk yang dihasilkan sesuai dengan dimensi manusia dan mudah dalam pengoperasian. Safety artinya produk harus ramah lingkungan dan tidak mengakibatkan efek samping bagi manusia sendiri. Untuk menciptakan produk di Indonesia yang dapat diminati harus memperhatikan tingkat harga pula. Penggunaan bahan yang terjangkau akan meminimalisasi harga jual. Dengan begitu produk baru berteknologi tinggi yang aman, nyaman, dan terjangkau akan diminati oleh masyarakat dalam rangka meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia.
Di sisi lain, melakukan suatu inovasi tidaklah mudah. Inovasi membutuhkan suatu ide yang brilian. Tak jarang, orang sangat susah dalam memulai pencarian ide. Itulah sebabnya sangat diperlukannya ilmu desain produk bagi mahasiswa. Desain produk akan sangat dibutuhkan di seluruh industri, terutama industri yang menghasilkan barang. Untuk memupuk kreativitas dan memberi tambahan ilmu bagi mahasiswa tentang desain suatu produk, diadakanlah Industrial Design Seminar and Competition (INDISCO) ini yang akan sangat berguna bagi dunia industri nusantara. Dengan mengikuti seminar nasional desain produk tersebut mahasiswa akan mendapatkan ilmu-ilmu mengenai desain produk lebih dari yang diajarkan di bangku kuliah. Dengan mengikuti lomba desain produk tingkat nasional dapat memupuk kreativitas dan kompetisi mahasiswa Indonesia.

About INDISCO 2011 

Industrial Design Seminar & Competition atau sering disingkat dengan INDISCO merupakan suatu perlombaan berbasis desain produk industri yang dikemas dengan seminar yang bertemakan sama yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Industri (HMTI), Fakultas Teknik Universitas Diponegoro. INDISCO tahun ini merupakan kali ketiga penyelenggaraan INDISCO yang pertama kali diadakan pada tahun 2009. Untuk itu, kami mengundang para peserta dari berbagai universitas di Indonesia, baik negeri maupun swasta, untuk mengikuti INDISCO 2011 yang kali ini mengangkat tema desain produk “Compact Household”.

Tujuan dari diselenggarakannya INDISCO 2011 adalah untuk mengembangkan inovasi dan kreativitas mahasiswa dalam mendesain produk yang bermanfaat bagi masyarakat luas serta mempererat kerja sama antarmahasiswa di seluruh perguruan tinggi di Indonesia. Secara garis besar perlombaan akan dilaksanakan dalam dua tahapan, yakni Tahap 1 (Seleksi Awal) dan Tahap 2 (Final).


The 3rd INDISCO's Schedule

INDISCO 2011 akan dilaksanakan pada t


anggal : 12-13 November 2011


Konten Acara : 


1. Seminar Nasional

2. Lomba Desain Produk "Compact Household"
TAHAP VERIFIKASI ADMINISTRATIF 
Tahap verifikasi administratif dilakukan mulai tanggal 3 Oktober sampai 31 Oktober 2011
- Setiap tim Peserta INDISCO 2011 diwajibkan mengisi formulir pendaftaran (terlampir).
- Setiap tim Peserta INDISCO 2011 diwajibkan membayar biaya pendaftaran lomba sebesar Rp 1.000.000,00 kepada panitia. Pembayaran biaya pendaftaran dilakukan dengan transfer bank melalui: Bank Mandiri KCP Semarang Undip atas nama PRILIANDI H
No.Rekening : 136-00-0668033-1
- Peserta diharapkan lebih teliti dan hati-hati dalam pengiriman uang registrasi. Panitia tidak bertanggung jawab atas segala sesuatu kesalahan yang mengakibatkan transfer biaya pendaftaran mengalami kegagalan. 
- Setiap tim Peserta INDISCO 2011 juga diwajibkan melampirkan:
Kartu Mahasiswa (scanned);
Bukti Pembayaran Biaya Pendaftaran (scanned).
- Semua dokumen di atas dikirimkan ke e-mail INDISCO 2011, indiscoundip@gmail.com (dalam format nama tim.rar). Pengiriman dokumen dilakukan oleh salah satu peserta yang merupakan anggota tim yang mendaftarkan diri.
- Apabila panitia tidak menerima dokumen-dokumen tersebut sampai pada jadwal terakhir tahap registrasi (31 Oktober 2011 pukul 24:00), maka panitia berhak membatalkan keikutsertaan tim yang bersangkutan.

SELEKSI TAHAP 1: SELEKSI AWAL
Peraturan Seleksi Tahap 1 INDISCO 2011
Pre-Presentasi
Tahap pre-presentasi merupakan tahapan awal yang harus dilalui oleh peserta untuk dapat masuk dalam tahapan selanjutnya lomba desain INDISCO 2011. Adapun ketentuan-ketentuannya antara lain sebagai berikut ini.
  1. Peserta yang telah memenuhi peraturan registrasi seleksi tahap 1 dengan mendapatkan konfirmasi dari panitia via e-mail, diwajibkan memenuhi peraturan Seleksi Tahap 1 INDISCO 2011.
  2. Peserta diwajibkan mengumpulkan hasil desain produk industri dalam bentuk X-Banner berbahan dasar MMT yang berukuran 150x70 cm (isi X-Banner diserahkan kepada peserta INDISCO 2011 asalkan memenuhi dua persyaratan wajib: gambar desain produk industri dan deskripsinya).
  3. Peserta juga diwajibkan mengumpulkan makalah yang berisi tentang proses perancangan dan pengembangan produk yang didesain. Makalah dikumpulkan dalam bentuk hardcopy sebanyak 3 rangkap. Makalah diketik dengan format kertas A4 margin 4432 (top-left-bottom-right) Times New Roman ukuran font 12 maksimal 20 halaman. Cover disertai logo universitas masing-masing. Judul makalah bebas. Makalah meliputi halaman judul, kata pengantar, daftar isi, daftar gambar, daftar tabel, daftar lampiran, pendahuluan, isi, penutup (kesimpulan dan saran), daftar pustaka, lampiran. Lampiran meliputi curriculum vitae anggota tim dan gambar desain produk yang diusulkan.
  4. X-Banner dan makalah dikirimkan kepada panitia dengan alamat: 
    Sekretariat Panitia INDISCO 2011
    Himpunan Mahasiswa Teknik Industri
    Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Diponegoro
    Jl. Prof. Soedharto, S.H., Kampus Tembalang, Semarang 50239
  1. Batas waktu pengumpulan X-Banner dan makalah adalah 5 November 2011.
  2. Panitia akan melakukan konfirmasi diterimanya X-Banner dan makalah kepada peserta via email.

    Presentasi
    Tahapan presentasi digunakan untuk mengetahui secara detil produk yang didesain. Dalam hal ini kemampuan peserta diuji untuk memaparkan secara lengkap produk yang telah didesain. Adapun ketentuan-ketentuan tahap presentasi adalah sebagai berikut ini.
    1. Peserta yang telah mendapatkan konfirmasi dari pantia perihal diterimanya X-Banner diwajibkan datang pada tempat seleksi Tahap 1 INDISCO 2011.
    2. Seleksi presentasi dilaksanakan pada tanggal 12 November 2011
    3. Tiap peserta diwajibkan melakukan presentasi dihadapan tiga dewan juri yang telah ditunjuk oleh panitia.
    4. Tiap peserta (tim) memiliki waktu 10 menit untuk mempresentasikan karyanya dan 5 menit untuk tanya jawab dari juri kepada peserta.
    5. Tiap peserta diharuskan menyiapkan gambar 3D dari desain produk yang dibuat pada saat presentasi. 
    6. Pada tahap 1 akan disaring lima peserta yang nantinya akan berlaga kembali pada tahap 2: final, yang akan dilaksanakan pada tanggal 13 November 2011.

    SELEKSI TAHAP 2: FINAL
    Bagi Peserta yang Lolos Tahap Final
    1. Peserta yang lolos tahap final adalah lima peserta yang mendapatkan nilai tertinggi dalam seleksi tahap 1. Penilaian berdasarkan keputusan dewan juri 2 yang tidak dapat diganggu gugat.
    2. Seleksi tahap 2 INDISCO 2011 dilaksanakan pada tanggal 13 November 2011 
    3. Tiap peserta diwajibkan melakukan presentasi dihadapan tiga dewan juri dan peserta seminar INDISCO 2011.
    4. Pengumuman Juara INDISCO 2011 akan dilakukan pada tanggal 13 November 2011 sebagai penutup rangkaian acara INDISCO 2011.


    Compact Household
    Materi dalam lomba INDISCO 2011 ini, sesuai dengan temanya “Compact Household". Kriteria yang menjadi penilaian adalah sebagai berikut:
    • Produk memiliki daya tarik yang dapat ditawarkan kepada konsumen.
    • Bentuk dasar dari suatu produk yang dapat dirasakan oleh panca indra.
    • Potential product
    Produk dapat berupa inovasi baru dari produk yang telah ada di pasaran.
    • Compatible
    Produk harus compatible dengan kebutuhan rumah tangga saat ini. Dapat mengikuti perkembangan teknologi yang sering dipakai dalam rumah tangga.
    • MultiFunction
    Produk yang dibuat tidak hanya memiliki satu fungsi saja tetapi memiliki fungi lain. Misalnya, satu produk memiliki satu fungsi dasar, dan fungsi lainnya merupakan fungsi lain yang dapat membantu memenuhi kebiutuhan pada fungsi dasar. Produk tidak harus memiliki sifat yang kompleks, sederhana tapi multifungsi.
    • Mudah digunakan
    Dalam penggunaannya, produk dapat digunakan dan dapat dioperasikan dengan mudah. Tidak menyulitkan konsumen saat ingin dibawa atau dipindahkan.
    • Ergonomis
    Produk harus memberikan rasa nyaman kepada konsumen yang menggunakannya.
    • Asthethic
    Design produk memilki daya tarik tersendiri terhadap konsumen.
    • Bahan yang digunakan dalam produksi produk tidak ditentukan secara khusus, diserahkan sepenuhnya kepada peserta lomba.

      PRIZES
      Juara I : Trophy, piagam penghargaan, dan uang pembinaan Rp 6.000.000,00
      Juara II : Trophy, piagam penghargaan, dan uang pembinaan Rp 4.500.000,00
      Juara III : Trophy, piagam penghargaan, dan uang pembinaan Rp 3.000.000,00
      Juara Favorit : piagam penghargaan dan yang pembinaan Rp 500.000,00


Contact Us

PANITIA INDISCO 2011 

HIMPUNAN MAHASISWA TEKNIK INDUSTRI 

FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS DIPONEGORO

Sekretariat: Ruang PKM HMTI Undip.

Jl Prof.H.Soedarto,SH, Tembalang, Semarang 50239 

Telp: (024) 7460052 Fax. (024) 7460055

Contact Person INDISCO :  

- 087833654653 (Raju) 

- 085725867673 (Didit)

 email : indiscoundip@gmail.com



0 komentar:

Posting Komentar